MEDIA RELATIONS

Media relations dapat dikatakan sebagai alat untuk memberikan informasi kepada masyarakat mengenai aktivitas perusahaan atau organisasi melalui publikasi dan diharapkan pesan atau dapat diterima dengan baik oleh khalayak luas. Media relations pada dasarnya berkenaan dengan pemberian informasi atau memberi tanggapan pada media pemberitaan atas nama organisasi atau klien.

Apa sih media relation?

Media relation merupakan kegiatan HUMAS untuk menjalin hubungan yang baik dengan media masa. Menurut Philip Lesley (1991) memberikan definisi yaitu sebagai hubungan dengan media komunikasi untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan media terhadap kepentingan organisasi.

Media relations aalah bagian dari PR yang berfokus kepada hubungan terhadap media untuk melakukan publisitas atau merespon kepentingan organisasi. Media relations saat ini diperlukan karena menjadi sarana yang sangat efektif dan efisien dalam membantu komunikasi dengan publik. Agar kepentingan dengan publik dapat terpelihara, maka segala kepentingan media massa terhadap organisasi mesti direspon media relations, atau dengan kata lain bagaimana mempublikasikan atau mempromosikan organisasi melalui media massa.

Peranan Media Relation

Media relation sebagai komponen dari public relation, tentu saja mengikuti langkah-langkah standar public relation. Standar cara kerja public relation mencakup: 

  • Pengumpulan fakta 
  • Perencanaan dan penyusunan program, permasalahan yang telah dirumuskan.
  • Melakukan rencana dengan tindakan komunikasi. 
  • Merumuskan permasalahan menurut hasil penelitian atau kajian. 
  • Evaluasi terhadap seluruh rangkaian kegiatan dan program public relation.

Fungsi Media Relation

Media relation mempunyai beberapa fungsi. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya ialah sebagai berikut :

  • Menaikkan citra perusahaan. 
  • Menolong perusahaan keluar dari isu negatif. 
  • Menaikkan hubungan dari berbagai publik 
  • Menaikkan kepercayaan publik terhadap produk dan jasa yang ditawarkan oleh perusahaan. 
  • Menciptakan image positif suatu perusahaan di mata masyarakat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Kesesuaian Hasil Produk Dengan Rancangan

DBMS&RDBMS

RUANG LINGKUP PUBLIC RELATION