RUANG LINGKUP PUBLIC RELATION

Akuntansi adalah sekumpulan proses yang berkaitan dengan proses keuangan. Proses tersebut terdiri dari mencatat, meringkas, menganalisis, dan melaporkan data. Akuntansi masih berkaitan dengan Public Relation (PR) karena akuntansi mempunyai fungsi sebagai perantara dari pihak internal dengan pihak eksternal. Peran Public Relation disini untuk memberikan citra positif kepada publik terkait informasi organisasi atau perusahaan. Untuk itu, mari kita bahas lebih dalam mengenai Public Relation ini.




Apa itu Public Relation ?

Public relation (PR) adalah usaha yang direncanakan secara terus menerus dengan sengaja, guna membangun dan mempertahankan pengertian timbal balik antara organisasi dan masyarakatnya. 
Menurut Rhenald Kasali (2017), PR adalah seni untuk membuat suatu perusahaan disukai dan dihormati oleh publik, karyawan, konsumen, dan para penyalur. 
Sedangkan menurut Frazier Moore (2004), PR adalah ketergantungan perusahaan akan public dan bisnis serta organisasi sosial lain membuat kebutuhan perusahaan akan fungsi suatu manajemen khusus.

Jadi secara umum, Public Relation bisa didefinisikan sebagai proses interaksi dimana menciptakan opini publik sebagai input yang menguntungkan kedua belah pihak, dan menanamkan pengertian, menumbuhkan motivasi dan partisipasi publik, serta membangun citra yang baik dari publik.

Ruang lingkup PR terbagi menjadi 2, yaitu :
1. Membina hubungan ke dalam (publik internal), harus mampu mengidentifikasi hal-hal yang menimbulkan gambaran negatif di masyarakat sebelum suatu kebijakan dijalankan.
2. Membina hubungan ke luar (publik eksternal), mengusahakan tumbuhnya sikap dan gambaran publik yang positif terhadap lembaga yang diwakilinya.


Keuntungan dan Kekurangan Public Relation

Keuntungan menggunakan PR
1. Pengaruh. 
Dengan PR kepercayaan pelanggan terhadap perusahaan akan semakin besar karena berkomunikasi secara langsung dengan pelanggan.
2. Hemat biaya.
PR jauh lebih murah dan hemat biaya dibandingkan dengan iklan berbayar.
3. Jangakuan.
Jika siaran pers dilakukan dengan efektif dan dikomunikasikan dengan baik, maka akan menjangkau lebih banyak pelanggan.

Kekurangan menggunakan PR
1. Tidak ada kendali. 
Press release perusahaan diatur secara longgar sehingga dapat menimbulkan banyak kritik.
2. Tidak ada hasil yang dijanjikan.
3. Evaluasi.
Tidak dapat digunakan untuk mengukur kinerja PR


Manfaat Public Relation 

Membuat organisasi bersikap responsif terhadap kepentingan publik dan kontribusinya kepada sistem informasi publik yang amat penting bagi masyarakat demokratis dan kelangsungan hidup organisasi. 
a Membantu dan mempertahankan hubungan antara publik dengan manajemen oraganisasional yang memerhatikan tanggung jawab sosial dan kepemimpinan yang bermoral.
b. Membantu organisasi untuk mengantisipasi dan merespons persepsi dan opini publik. Merespon nilai dan gaya hidup yang baru, merespons pergeseran di antara elektorat dan di dalam lembaga legislatif, dan merespos perubahan- perubahan lain di lingkungan. 
c. Membuat informasi menjadi tersedia melalui sistem informasi publik. 
d. Melayani kepentingan publik dengan sudut pandang alternatif dalan forum publik, termasuk suara dari orang- orang yang diabaikan oleh media massa. 
e. Membantu masyarakat dengan menjadi perantara konflik dan membangun konsensus yang dibutuhkan untuk ketertiban sosial. 
f.  Memfasilitasi atau membantu penyesuaian dan pemiliharaan dalam sistem sosial yang memberi kita kebutuhan sosial dan fisik.


Mengapa seorang Akuntan harus mempelajari Public Relation ?

Seorang Professional Akuntan harus mampu menjadi penghubung antara perusahaan dengan mampu berkomunikasi dan menanggani berbagai isu yang terjadi, sehingga mampu menjaga citra dari sebuah perusahaan di mata masyarakat. Publik Speaking sangat dibutuhkan untuk menjalin hubungan dengan masyarakat Seorang Professional Akuntan juga dituntut mampu menggunakan dan mengelola berbagai macam media sosial yang tidak melanggar etika dan norma-norma serta regulasi dalam bermedia sosial. Oleh karena itu, penting bagi seorang akuntan untuk memperlajari PR.

Hubungan Akuntan dengan PR

Dalam suatu perusahaan pasti dibutuhkan hubungan yang baik antar manajer dengan para karyawan ataupun dengan pihak direktur, maka seorang akuntan diharapkan mampu menjembatani kepentingan suatu perusahaan dengan memberikan keputusan dan informasi melalui komunikasi dan membangun relasi. Seorang akuntan sendiri harus mampu berkomunikasi dan berinteraksi dengan masyarakat. Jadi intinya seorang Professional Akuntan sangat berkaitan erat dengan fungsi dan peran PR.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Kesesuaian Hasil Produk Dengan Rancangan

DBMS&RDBMS