MEMBANGUN CITRA DIRI DAN ORGANISASI

Citra diartikan sebagai kesan seseorang atau individu tentang sesuatu yang muncul sebagai hasil dari pengetahuan dan pengalamannya. Proses pembentukan citra pada akhirnya akan menghasilkan sikap, pendapat, atau tanggapan tertentu. Citra diperlukan untuk membangun pandangan positif masyarakat terhadap suatu perusahaan atau organisasi.

Personal Branding adalah suatu proses membentuk persepsi masyarakat terhadap aspek-aspek yang dimiliki oleh seseorang diantaranya adalah kepribadian, kemampuan atau nilai-nilai, dan bagaimana stimulus-stimulus ini menimbulkan persepsi positif dari masyarakat yang pada akhirnya dapat digunakan sebagai alat pemasaran. Personal branding diperlukan oleh pribadi atau personal-personal yang terkait dengan perusahaan atau organisasi yang akan mempengaruhi juga terhadap citra positif atau negatif suatu perusahaan atau organisasi.



Apa itu Citra Diri dan Citra Organisasi ?

Citra diri adalah pandangan pribadi yang dimiliki diri sendiri. Citra diri ini dapat tercipta tergantung pada diri kita sendiri dalam berperilaku terhadap sesuatu dan memperlakukan sesuatu dengan pandangan diri sendiri dan orang lain. Membangun citra diri sangatlah penting karena dap mengetahui bagaimana cara pandang orang lain terhadap diri. Sehingga kita bisa mempertahankan keunggulan diri dan mengevaluasi kekurangan din yang kemudian diperbaiki demi membangun citra yang baik serta positif. Cara seorang PR memiliki citra diri yang positif  ialah dengan menerapkan 5S, yaitu senyum, salam, sapa, sopan, dan santun.

Sedangkan citra organisasi adalah persepsi konsumen atau mitra kerja maupun lingkungan eksternal mengenai sebuah organisasi. Citra organisasi diperlukan untuk mempengaruhi pikiran pelanggan melalui kombinasi dan periklanan, humas, bentuk fisik, kata-mulut, dan berbagai pengalaman aktual selama menggunakan barang dan jasa. Citra yang baik merupakan perangkat kuat, bukan hanya untuk menarik konsumen dalam memilih produk atau perusahaan. melainkan juga dapat memperbaiki sikap dan kepuasan pelanggan terhadap perusahaan.

Proses Membangun Citra Diri

a. Konsisten, butuh komitemen yang kuat agar dapat konsisten.
b. Cara kita mengungkapkan citra diri kita kepada orang lain.
c. Mengenal target audiens
d. Media yang digunakan untuk menyampaikan citra diri kita kepada publik, cara yang paling efektif yaitu melalui internet.

Citra diri sangat penting untuk membangun citra perusahaan karena pada dasarnya citra perusahaan merupakan kumpulan citra dari setiap individu anggota perusahaan atau orang-orang yang ada di dalamnya.

Proses Pembentukan Citra dalam Perusahaan

a. Kepribadian dan identitas perusahaan, diperlukan untuk membedakan dengan perusahaan lain.
b. Formulasi pesan kepada publik, dibutuhkan komunikasi yang efektif sehingga pesan dapat tersampaikan ke publik dengan baik.
c. Mengenal Public/Target audiens
d. Media publisitas.

Fungsi PR dalam Membentuk Citra

Peran atau fungsi utama dari PR dalam membentuk citra diri di perusahaan yaitu dengan membuat jembatan komunikasi yang dimana jembatan komunikasi itu bersifat eksternal maupun internal, dengan langkah-langkah seperti kontak langsung dengan masyarakat, pers/media dan juga mengadakan kegiatan-kegiatan yang mendekatkan lembaga dengan masyarakat. 

Pada intinya membangun citra diri maupaun citra perusahaan itu sangat penting karena akan memberikan kesan kita bagi orang lain dan di mata orang lain.


Komentar

Postingan populer dari blog ini

Mengevaluasi Kesesuaian Hasil Produk Dengan Rancangan

DBMS&RDBMS

RUANG LINGKUP PUBLIC RELATION