MARKETING PUBLIC RELATION
Sebelum kita membahas mengenai marketing public relation, alangkah baiknya kita pahami dulu mengenai apa itu marketing. Marketing (pemasaran) adalah aktivitas dan proses menciptakan, mengkomunikasikan, menyampaikan, dan mempertukaran tawaran yang bernilai bagi pelanggan, klien, mitra, dan masyarakat umum dengan pengenalan produk atau sarana strategi yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan dan keinginan konsumen yang kemudian melakukan perencanaan agar konsumen tau tentang produk dan jasa yang ditawarkan.
Lalu, apa itu Marketing public Relation ?
MarketingPublic Relation (MPR) merupakan perpaduan pelaksanaan progra dan aktivitas pemasaran dengan aktvitas program kerja public relation. Artinya adalah suatu perusahaan menjual produk dengan mendekatkan diri kepada konsumen atau masyarakat bukan berupa baliho dan iklan sejenis.
Dalam penerapannya, terdapat strategi yang digunakan dalam merketing public relatin yaitu :
a. Pull Strategy, pubic relation memiliki dan harus mengembangkan kekuatan untuk menarik perhatian publik
b. Push Strategy, public relation memiliki kekuatan untuk mendorng berhailnya pemasaran
c. Pass Strategy, public relation memiliki kekuatan untuk memengaruhi dan menciptakan opini publik yang menguntungkan.
a. Memberikan edukasi kepada konsumen; edukasi penggunaan produk yang sudah diluncurkan, eduka produk yang akan diluncurkan, edukasi manfaat produk
b. Meluncurkan merek dan atau produk, meluncurkan kembali merek-merek lama, meluncurkan produk baru sebelum iklan komersial, meluncurkan produk saat tidak ada anggaran untuk iklan, meluncurkan ulang produk-produk yang sudah ada, mengenalkan produk baru pada kalangan media (press launching).
c. Membangun event merek
d. Mengembangkan pelayanan publik kepada konsumen, mengembangkan akses informasi konsumen ke perusahaan, menindaklanjuti keluhan baik langsung maupun dari surat pembaca.
e. Membantu media melakukan tes produk, memberi edukasi kepada media mengenai produk, memberi pemahaman terhadap cara-cara penggunaan produk dan kelebihannya
f. Mengajak media dan masyarakat untuk melihat proses pembuatan produk: kunjungan pabrik untuk media dan masyarakat, kunjungan ke media atau tempat-tempat publik untuk sosialisasi fungsi dan kelebihan produk, pemberian kesempatan kepada media dan masyarakat untuk mengetes sendiri kehebatan produk
Komentar
Posting Komentar